Langsung ke konten utama

First Meeting with vocational study scheme


This is the first time I become a DPL (dosen pembimbing lapangan). Its KKN UTS 2019 in desa UsarMapin. 


We make a meeting in lovely afternoon and here is the reporting notes of our meeting

*[NOTULENSI HASIL PERTEMUAN 1 KKN Usar Mapin]*
Sabtu, 18 Mei 2019

Absensi kehadiran
✔Taufik
✔ Thian
✔Asep
✔Nadya
✔Annisa
✔Chandra
✔Noni
✔Neva
✔April
✔Pipin
✔Arif

*STRUKTURAL*

▪Ketua umum :Taufik
▪Ketua Program : Adhie
▪Sekertaris
 1. Nadya
 2. Asep
▪Bendahara :
1. Anisatul Mukarromah
 2. Candra eti

*Penanggung Jawab program kerja*
🌱 Penghijauan :
1. Ketua : Noni
📸 Publikasi :
1. Ketua : Hamdan
📚Pendidikan :
1. Ketua : Neva
Anggota
▪Mulyadi
🏕Promosi desa :
1. Ketua : Pipin
Anggota
▪April
😎 Humas
1. Ketua : Arif

```Hasil Rapat```

🏷Lahan kosong organik 3 hektar untuk tanam kelor
🏷 Sertifikat lahan organik
🏷Kalo ga ada lahan tanam per rumah atau apotek hidup atau anam di jalanan
🏷Peta topografi untuk potensi desa
🏷 Pendidikan bisa berupa buku atau lomba
🏷 Struktur organisasi desa

📍PR
1. Survey lokasi dan kades
2. Surat permohonan bibit
3. Keanggotaan struktural



📓 *Daftar kehadiran Tempat Survey dan RAPAT II*📓
Minggu, 19 Mei 2019

✔ Chandra
✔Hamdan
✔ Neva
✔Thian
✔ Taufik
✔Nadya
✔ Pipin
✔Annisa
✔Asep

*[NOTULENSI SURVEY LOKASI]* 📝

```Dusun Glampar```

▶ Karang taruna ada tapi programnya tidak jelas

▶ Sangat dibutuhkan pembangunan TPQ untuk  membangun pendidikan agama anak muda

▶ Dusun terbesar dengan jumlah 350 KK

▶ Antusias tinggi dari warga sekitar terhadap program mahasiswa

```Dusun Hijrah```

📌 Menitikberatkan pada potensi dan promosi desa

📌 Warga sudah bisa membuat minyak kelapa tanpa api

📌Sudah ada kelompok tani yang berjalan

📌 Pemudanya suka Dengan olahraga sepakbola dan takraw

📌 Terdiri dari 6 RT

📌 Tidak terdapat kegiatan rutin di desa

📌 Sudah ada TPQ





*[NOTULENSI WAWANCARA KADES]*

🏷 Terdapat 119 Ha lahan kosong
🏷 Lokasi dekat laut sehingga karakter tanah tercampur asin
🏷 Masih terdapat rumah yang belum direnovasi sebagian pasca gempa
🏷 Akan dilakukan pembuatan gor mulai dari juni
🏷>3000 penduduk adalah pendatang dari Lombok
🏷 Belum adanya taman baca dan perpustakaan
🏷 Terdapat mobil untuk antar jemput sekolah
🏷 TPQ baru di dusun hijrah
🏷 Alas Barat sektor paling menonjol adalah ternak
🏷 Penduduk sebagian besar bermata pencaharian pada hasil sawah
🏷 Kondisi air oke
🏷 Memiliki potensi bidang olahraga
🏷 Memiliki potensi untuk dibimbing seni tari
🏷 Pembangunan Tk terdapat kerjasama dengan Jepang
🏷 Terdapat potensi mangrove
🏷 Desa terdiri dari 4 Dusun
🏷 Program bisa langsung dikirimkan dalam bentuk soft file ke kades
🏷 Tidak menjanjikan untuk ditanami kelor 3 hektar karena terlalu banyak kecuali di sekitar sawah atau jalan
🏷 Pengelolaan sampah desa sangat buruk (dibakar atau dibuang ke sungai)


*[HASIL RAPAT KKN 2]*

 ```Berdasarkan hasil survey untuk program dan list kebutuhan pada proposal```

⛏ *Pelaksanaan program wajib satu dusun satu program wajib* ⛏

🗻 *Glampar (pendidikan)*
▪ Pendirian TPQ
▪ Pembangunan taman baca sehingga butuh banyak buku, atk, alquran, iqra, dan poster
▪ Alat peraga untuk pendidikan bahasa Inggris
▪Materi apotek hidup

🗻 *Hijrah ( Potensi dan Promosi desa)*
▪ Lomba hias desa dan gapura antara dusun (cat, kuas, kain, kayu, lem, bambu, tali,)
▪ Pupuk organik
▪Lomba sepakbola (gawang, hadiah, bingkisan, konsumsi, dan sound)
▪ Lomba lomba untuk hari anak 23 Juli
▪ Pembuatan mural
▪ Pengembangan produk karang taruna
▪ Pembuatan mural


🗻 *Tamsi (Penghijauan)*
▪ Permohonan bibit
▪ Hidroponik
▪ Pembuatan pupuk




🚨 *CATATAN*
👉🏻 Segera menyelesaikan proposal secepatnya
👉🏻 Segera membuat RAB
👉🏻 Kumpul untuk memastikan program dan timeline
👉🏻 Kembali secepatnya bagi mahasiswa rantau
👉🏻 Mencicil dokumentasi dari awal
👉🏻 Hidupkan medsos



Those notes are written by my lovely students and its lovely nice.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MORFEM ZERO

Morfem Zero Morfem Zero adaalah sebuah penemuan baru yang dikemukan oleh Kamsinah (…) dalam disertasinya, morfem zero ini merupakan salah satu teori yang menunjukkan konsep kesemestaan bahasa (Language Universal). Darwis (2003) menyatakan : “ada enam prinsip pengenalan morfem salah satunya adalah pada prinsip keempat dia mengatakan”satuan yang berparalel dengan kekosongan dalam satuan struktur bunyi atau fonologik adalah morfem, yaitu disebut morfem zero”” Dari pengertian diatas dapat ditarik beberapa point penting sebuah bentuk dikatakan morfem zero 1.       Satuan tersebut berparalel 2.       Satuan tersebut kosong 3.       Ada pada satu struktur bunyi atau fonologik Contoh yang paling konkret adalah bahasa Inggris pada bentuk jamak dan pada bentuk tunggal 1.       Apple s yakni lebih dari satu apel Apple yakni satu apel Kebanyakan nomina dalam bahasa Inggris...

Masya Allah, Anak yatim jadi Anggota Polri di POLDA NTB.

  Waktu kecil, sekitar umur lima tahun. Dia sering mengantar donat jualan ibunya ke beberapa warung di kampung halamannya tinggal, desa Ncera. Mengayuh sepeda pink tua dan reot pemberian dari kakak pertamanya. Masa kecilnya dia lalui dengan penuh keceriaan bersama teman-teman sebayanya. Dia bersama temannya terbiasa membantu orang tua di sawah dan sesekali membersihkan ladang. Jika sore dan lowong, mereka berenang di embung Ncera dan memancing ikan. Jika musim tertentu mereka mengumpulkan   kemiri dan memetik jambu biji. Di hari minggu dia terbiasa jogging atau camping di dekat air terjun desa Kalemba. Dilahirkan dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang menyenangi pendidikan, itulah Akbar Putra. Nama pemberian ayahnya, berharap suatu saat anak laki-laki satu-satunya bisa mengayomi keluarga dan orang-orang yang sedang membutuhkan. Ayahnya menekankan dalam perilaku kesehariannya, pendidikan adalah investasi utama. Walaupun baju kita biasa saja; tak masalah.   ...

produksi ujaran proses yang rumit hasil yang kelihatan 'biasa'

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Ujaran merupakan pembahasan yang melibatkan proses pikiran dan rangkaian kata yang kompleks. Dari ujaran ang dituturkan oleh pembicara kita dapa mellihat keadaan psikologi pembicara melalui kata-kata yang dia ucapakn dan cara dia mengucapkan. Pembahasan ini sangat penting dalam mendikung dunia pengajaran dan interkasi antara guru dan muridnya maupun lawan tutur secara umum. Melihat bahwa ilmu psikoliguistik sangat bermanfaat bagi pengajaran bahasa dan makrolinguistik secara umum.   B. RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana Proses terjadinya produksi Ujaran C. TUJUAN PENELITIAN 1. Untuk mengetahui proses terjadinya produksi ujaran 2. Mengetahui urutan yang tepat manakah yang lebih dahulu dari ketiga topik yang sedang dibahas, persepsi, pemahaman dan ujaran.  3. Menguraikan proses terjadinya produksi ujaran BAB II Bagaimana Manusia Memproduksi Ujaran dan Kalimat A. PRODUKSI UJARAN 1. Langkah umum dala...